Monita Agrihorti, Unggulan Baru Jeruk Keprok Nusantara

02.00.00

Monita Agri


Jeruk tergolong buah yang populer dikonsumsi sebagai sumber vitamin C dengan rasa yang khas. Jeruk memiliki banyak varian, pertumbuhannya tersebar di seluruh dunia.

Salah satu jenis jeruk yang sering dibudidayakan adalah jeruk keprok atau yang bernama latin Citrus nobilis LOUR. Jeruk keprok merupakan sebuah jeruk yang dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Ciri-ciri fisik jeruk ini antara lain warnanya yang kuning oranye, berkulit tipis, bulir agak keras, tidak mudah pecah dan rasa manis dengan sedikit asam segar. Jeruk keprok digolongkan ke dalam jenis buah jeruk meja karena populer dijadikan buah penutup santapan dan hidangan.

Tahun 2015 kemarin Kementerian Pertanian melepas varietas jeruk keprok Monita Agrihorti dengan no pelepasan 148/Kpts/SR.120/D.2.7/10/2015.

Monita Agrihorti ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya warnanya yang kuning oranye, bulir agak keras, tidak mudah pecah dan rasa manis dengan sedikit asam segar. Jeruk ini memiliki tingkat kemanisan 8,3 – 11°brix dengan kandungan vitamin C 39,2 – 43,5mg/100gr. Produktivitas jeruk ini cukup tinggi. Dalam satu pohon di masa panen bisa mencapai 100 – 150 kg/pohon. Jeruk ini cocok ditanam di dataran tinggi.

Dengan dilepasnya varietas ini diharapkan mampu dikembangkan di berbagai wilayah di Indonesia yang sesuai kondisi daerah dan memperkuat komoditas hortikultura khususnya jeruk keprok secara nasional. Budidaya jeruk keprok banyak dilirik para pengusaha sebab permintaan pasar terhadap jeruk ini relatif stabil.

You Might Also Like

0 komentar