Dedak Padi untuk Minyak Goreng

02.00.00

minyak_dedak_padi


Minyak dedak padi/ rice bran oil merupakan minyak hasil ekstraksi dari dedak padi serta melalui tahapan proses stabilisasi dan pemurnian. Minyak dedak tidak hanya memiliki kandungan vitamin, antioksidan dan nutrisi serta dapat menurunkan kandungan kolesterol di dalam tubuh manusia.

Minyak dedak dapat diolah menjadi minyak goreng yang mutunya lebih baik dari minyak kelapa, minyak sawit maupun minyak jagung. Minyak ini memiliki nilai titik asap yang cukup tinggi yaitu 254° C dibandingkan tiga minyak tersebut.

Keunggulan dari dedak padi sebagai minyak antara lain berlimpahnya bahan baku dedak padi, rendemen minyak 14% - 19%, mengandung antioksidan yang tinggi (tocorefol, tocotrienol dan oryzanol). Selain itu, ampas dedak hasil ekstraksi dapat digunakan lagi sebagai pakan dengan kandungan protein yang tinggi.

Manfaat yang diberikan dari dedak padi antara lain dapat menghasilkan minyak goreng bermutu tinggi. Selain itu, pengembangan produk minyak dedak sebagai food supplement dan minuman antioksida serta diversifikasi produk olahan padi dapat meningkatkan nilai tambah produk.

You Might Also Like

0 komentar