Detam 3 dan 4 Prida, Kedelai Hitam Memikat Bisnis Industri Kecap

02.00.00



Badan Litbang Pertanian memiliki varietas unggul baru (VUB) yang setelah diolah bernilai jual tinggi dan bisa menjadi bisnis industri. Varietas unggul baru kedelai berkulit biji hitam “Detam 3 dan 4 Prida”. Detam 3 dan 4 Prida adalah untuk bahan baku kecap. Di negara lain seperti di Cina, Taiwan, Korea, Jepang, kedelai hitam telah digunakan menjadi beraneka ragam olahan pangan; seperti burger, es krim dan sebagainya.

Penggunaan kedelai hitam untuk bahan baku kecap tidak hanya meningkatkan kualitas warna kecap menjadi coklat hitam, juga meningkatkan nilai gizi terutama protein. Di samping itu, pada kedelai hitam telah teridentifikasi enam senyawa antioksidan yaitu flavonol, isoflavon, anthosianin, proanthosianidin, tokoferol, dan asam polikarbosilik, yang berfungsi sebagai agen antitumor dan senyawa pencegah penyakit kardiovaskular.

Uji daya hasil yang dilakukan di 16 sentra produksi kedelai, hasil Detam 3 Prida mencapai 2,88 t/ha, lebih tinggi dibandingkan hasil biji Detam 1 (2,66 t/ha) maupun hasil biji Mallika (2,46 t/ha). Sedangkan hasil biji Detam 4 Prida adalah 2,54 t/ha, lebih tinggi dibandingkan dengan Mallika. Detam 3 Prida dan Detam 4 Prida masing-masing memiliki umur masak 75 dan 76 hari, artinya kedua varietas tersebut menjadi varietas kedelai hitam pertama di Indonesia yang berumur masak genjah.

Detam 4 Prida toleran terhadap kekurangan air hingga 50% dari air tersedia. Toleransinya disebabkan oleh sistem perakaran yang baik dan mampu mengekstrak air lebih banyak pada kondisi kekurangan air, efisien dalam penggunaan air dan partisi fotosintat ke biji tinggi. Rendemen kecap dari Detam 3 Prida dan Detam 4 Prida masing-masing adalah 834.85% dan 811.80%, sedangkan rendemen kecap Detam 1 adalah 910.25% dan Mallika sebesar 842.45%. Uji sensoris menunjukkan kecap yang dihasilkannya berkategori disukai oleh panelis.

Berdasarkan karakteristik tersebut, diharapkan industri bisnis kecap dapat tertarik untuk menggunakan kedelai varietas Detam 3 dan 4 Prida sebagai bahan baku utama pembuatan kecap, sehingga keuntungan pelaku usaha industri kecap dapat meningkat.


Sumber : Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan

You Might Also Like

0 komentar