Budidaya Labu Siam Sebagai Peluang Usaha

02.00.00

Labu siam merupakan salah satu tanaman yang tumbuh merambat. Labu siam memiliki warna hijau, berbentuk membulat agak lonjong, dan bertekstur garis-garis yang masuk ke dalam. Buah ini memiliki kulit tipis dan akan mengeluarkan getah yang cukup banyak saat dikupas atau dipotong. Ketika dibelah, Anda akan melihat bahwa daging buah labu siam sangat tebal dan di tengahnya terdapat biji.



Labu siam biasanya diolah sebagai bahan konsumsi yang berupa sayuran ataupun lalapan. Akan tetapi, memasak labu siam tidak bisa sembarangan. Labu siam yang memiliki kandungan getah cukup banyak ini memerlukan penanganan khusus sebelum bisa dikonsumsi. Salah satu cara memasak labu siam agar getahnya hilang adalah dengan menggosok-gosokkan buah labu yang telah dibelah untuk mengeluarkan getahnya.

Labu siam bernilai ekonomis cukup tinggi. Permintaan labu siam sangatlah tinggi di pasaran. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menjalankan bisnis budidaya labu siam. Pasalnya, ini bisa menjadi sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan. Jika tertarik, berikut teknik tepatbudidaya labu siam.

Persiapan lahan

Labu siam dapat ditanam dan tumbuh dengan subur pada wilayah dengan ketinggian antara 200 meter sampai 1.000 meter di atas permukaan laut. Cara budidaya labu siam tergolong mudah. Anda dapat membudidayakannya di dataran rendah ataupun di dataran tinggi.

Untuk memanfaatkan lahan yang tidak terpakai, budidaya labu siam bisa dilakukan di pekarangan rumah. Pasalnya, labu siam tidak memerlukan lahan untuk budidaya yang luas. Ini karena labu siam termasuk jenis tanaman sayuran yang tumbuh merambat. Kita hanya perlu menyediakan batang rambatan yang pas sehingga bisa membuat pekarangan rumah terlihat lebih indah.

Pengolahan tanah

Untuk memulai budidaya labu siam, Anda perlu mengolah tanah terlebih dahulu dengan cara yang telah umum, yakni membajaknya dengan menggunakan cangkul. Tujuan pengolahan ini untuk keseimbangan unsur hara. Selanjutnya, kita harus membuat parit-parit di lahan untuk memudahkan dalam sistem drainase nantinya. Sebaiknya, pola tanam dan parit-parit dibuat garis-garis berjajar yang melintang dengan arah dari timur ke barat.

Pembibitan

Pembibitan labu siam dilakukan lewat biji yang didapat dari buah labu siam yang telah sangat tua. Biji-biji labu siam disemaikan di tempat yang lembap hingga tumbuh kecambah atau tunas baru. Bibit yang telah siap dimasukkan ke lubang-lubang tanam di atas lahan. Jarak tanam yang ideal untuk tanaman labu siam sekitar 1 meter persegi.

Penanaman dan pemeliharaan

Budidaya labu siam dilakukan dengan memasukkan biji-biji yang telah tumbuh tunasnya tadi, kemudian ditutup dengan lapisan tanah. Anda bisa memasukkan 3 buah biji ke setiap lubang tanam. Jaga tanaman labu siam dari berbagai hama, termasuk rumput liar yang tumbuh di sekitarnya. Tahap terakhir, pasang media rambat yang bentuk dan ukurannya ideal sehingga memudahkan saat panen nantinya.

You Might Also Like

0 komentar