Lihat Manfaat Buah Campoleh Khas Sunda!

01.00.00

Buah campoleh atau sawo mentega adalah jenis sawo asal Sunda yang berbeda dengan sawo yang kita sudah kenal. Buah ini berasal dari negara Meksiko dan sering disebut sebagai egg furit dalam bahasa Inggris karena bentuknya yang seperti telur. Sawo mentega berwarna oranye kekuningan, baik bagian kulitnya maupun bagian dalam pada daging buahnya. Buah ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan makanan khas daerah, contohnya dodol. Nama lain sawo jenis ini adalah sawo walanda.




Campoleh mengandung banyak nutrisi dan mineral penting yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat sehat buah campoleh khas Sunda dilansir dari Medscoopdaily:

Ketika membicarakan gizi, sawo walanda sarat dengan berbagai nutrisi sehingga dianggap superfood. Buah ini memiliki 50% lebih banyak pemberi energi instan daripada pisang, dan hampir sebanyak protein alpukat.Sawo walanda salah satu superfood

Sawo walanda kaya karotein, vitamin B, dan mineral penting. Selain itu, buah ini juga rendah lemak yang menyediakan tinggi protein dan serat.

Tinggi mineral

Buah ini mengandung 25 mg kalsium dan sekira 40 mg fosfor yang bisa menjadi pengobatan alami arthritis. Buah yang juga dikenal sebagai sawo belanda ini dapat membantu penguatan tulang pada anak-anak, orangtua, dan mereka yang mengalami masalah tulang.

Kaya beta karoten

Sama seperti buah-buahan berwarna kuning-oranye lainnya, sawo walanda atau canistel kaya akan provitamin A karotenoid. Karotenoid ini diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Buah ini mengandung sekira 30 mg beta karoten dalam 100 g buah yang bermanfaat bagi penglihatan. Karena itu, sawo walanda efektif untuk pengobatan mata kering dan berperan penting menurunkan risiko katarak, serta degenerasi makula terkait usia.

Sempurna untuk kesehatan pencernaan

Sawo walanda merupakan sumber serat dari makanan sehingga mempromosikan kesehatan pencernaan. Serat juga membantu dalam mengendalikan kadar gula darah dan menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sawo walanda merupakan sumber vitamin C atau asam askorbat dengan sekira 60—100 mg. Buah ini dikenal bisa meningkatkan kekebalan sehingga mengobati flu, batuk, pneumonia, dan infeksi paru-paru lainnya.

Memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba

Sawo walanda mengandung asam amino, lisin, triptofan, dan metionin serta flavonoid yang memiliki antitumor, anti-inflamasi, antiHIV, dan efek antimikroba.

Menyehatkan mata

Salah satu manfaat buah campoleh ini adalah menyehatkan mata Anda. Kandungan vitamin A dalam buah ini bisa membantu membuat mata Anda lebih sehat. Dengan begitu, pandangan Anda pun akan semakin tajam.

Itulah beberapa manfaat buah campoleh atau sawo mentega untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

You Might Also Like

0 komentar