Kentongan, Tari Ndolalak, dan Buncisan Buka Pekan Komsos KWI 2017 di Keuskupan Purwokerto

01.00.00



Suasana meriah tersaji di sepanjang Jalan Gatot Subroto di Purwokerto pada Senin (22/5). Kemeriahan ini terjadi karena sukacita perjumpaan yang terbingkai dalam kegiatan Pekan Komunikasi Sosial Nasional (PKSN) KWI yang diselenggarakan di Keuskupan Purwokerto pada tanggal 22-28 Mei 2017.

PKSN mengangkat tema “Jangan Takut, Aku Besertamu: Komunikasikan Harapan dan Iman”. Ini merupakan PKSN keempat yang diselenggarakan secara bergilir di keuskupan oleh Komisi Komsos KWI.

Itu semua mengawali perjumpaan semua partisipan di Kota Transit Purwokerto, Ibukota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tim Komsos KWI dan undangan ini merupakan para utusan dari sejumlah Komisi Komsos Keuskupan di Indonesia. Mereka disambut dengan sajian kesenian tradisional Banyumas, yaitu Musik Kentongan.

Alunan musik bersama para penari mengiringi perjalanan dari Jalan Gatot Subroto hingga Jalan Gereja dan berakhir di depan Paschalis Hall Keuskupan Purwokerto.




Tiba di halaman Paschalis Hall, sajian dilanjutkan dengan pagelaran seni yang dipersembahkan oleh Grup Musik Kentongan dan grup Tari Pringgolaras dari Desa Beji, Kemranjen, Purwokerto, tari Ndolalak oleh grup Tari SMPN 3 Cilacap dan tari Buncisan dari Banyumas.

Perayaan ekaristi pembuka

Usai pagelaran seni, kegiatan dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi Pembuka PKSN di Gereja Katedral Kristus Raja Purwokerto yang dihadiri oleh ratusan umat dari sejumlah paroki di Keuskupan Purwokerto.

Mgr. Hilarion Datus Lega, Uskup Keuskupan Manokwari-Sorong sekaligus Ketua Komisi Komsos KWI bertindak sebagai selebran utama didampingi Romo Tarcisius Puryatno (Administrator Diosesan Keuskupan Purwokerto), Romo Petrus Noegroho Agoeng Pr (Ketua Komsos Keuskupan Agung Semarang) bersama 30-an imam konselebran lainnya.




Usai Perayaan Ekaristi, kegiatan dilanjutkan dengan seremoni pembukaan di Paschalis Hall. Seremoni ini menjadi istimewa karena dihadiri juga oleh Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein, dan Mgr. Julianus Sunarka SJ (Uskup Emeritus Keuskupan Purwokerto).

Pembukaan rangkaian kegiatan PKSN KWI Ke-51 Tahun 2017 secara resmi ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Mgr. Hilarion Datus Lega, Ir. Achmad Husein dan Romo Tarcisius Puryatno.




Pemukulan kentongan bersama-sama oleh Ketua Komisi Komsos KWI Mgr. Hilarius Datus Lega – Uskup Keuskupan Manokwari-Sorong; Bupati Banyumas Ir. Achmad Hussein, dan Administrator Diosesan Keuskupan Purwokerto Romo Tarsicius Puryatno Pr.

Ada sejumlah kegiatan yang telah diagendakan sepanjang gelaran PKSN, antara lain workshop audio visual, workshop menulis kreatif, seminar tentang litetasi media, seminar nasional mendalami tema PKSN, rekoleksi dan character building, aneka perlombaan bagi pelajar dan pegelaran kesenian tradisional yang ditutup dengan pementasan wayang wahyu.



You Might Also Like

0 komentar