Gelar Budaya dalam Pembukaan Pekan Komunikasi Sosial Nasional ke-51 di Purwokerto

01.00.00



Pagelaran budaya yang menampilkan kesenian-kesenian tradisional Banyumasan ditampilkan dalam Pembukaan Pekan Komunikasi Sosial Nasional ke-51 di halaman Gedung Paschalis, Gereja Katedral Kristus Raja, Keuskupan Purwokerto, Senin (22/5/2017).




Dimulai dengan kesenian kentongan yang dibawakan oleh Sanggar Tari (Grup Tek-tek Modern) Pringgolaras yang baru saja memenangkan perlombaan sebagai juara satu se-Banyumas. Dilanjutkan dengan Tarian Dolalak dan Buncisan. Ketiga tarian merupakan kesenian asli Banyumasan.




Selanjutnya dalam Ekaristi Pembukaan, unsur budaya juga tetap dimasukkan sebagai sarana untuk memeriahkan suasana sekaligus mendukung kekhidmatan beribadah.

Dua penari lengger berperan sebagai cucuk lampah para uskup dan pastor serta petugas misa yang memasuki gedung gereja. Demikian juga pada saat persembahan, penari yang sama juga tampil dengan gemulai.

Sepanjang ekaristi, iringan keroncong dan gamelan dengan lagu-lagu khas Jawa membuat suasana perayaan ekaristi semakin meriah. “Para pengiring calung dan gamelan sebagian besar teman-teman muslim di Purwokerto,”ujar Ketua Komsos Keuskupan Purwokerto RD Teguh Budiarto.

You Might Also Like

0 komentar